27 Januari 2009

Profil Lembaga

Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK KRR) "Mitra Remaja" adalah satuan kegiatan yang menjadi badan kelengkapan kwartir dalam rangka pengembangan minat dan kegiatan pengabdian masyarakat yang fokus pada permasalahan Kesehatan Reproduksi Remaja dan seputar permasalahan remaja. PIK KRR sebagai satuan kegiatan dibentuk oleh Kwartir Daerah, Kwartir Cabang sampai tingkat Gugusdepan.

Visi PIK KRR "Mitra Remaja" adalah Menjadikan PIK KRR "Mitra Remaja" sebagai tempat favorit remaja dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri yang berkepribadian luhur dan bermartabat serta memiliki kepedulian terhadap diri dan orang lain. sedangkan Misinya antara lain:
1. Menciptakan remaja yang sehat dan peduli terhadap kesehatan reproduksi.
2. Mengembangkan pengetahuan dan wawasan kesehatan reproduksi bagi remaja dan orang dewasa.
3. Menyajikan informasi yang terpercaya dan bermanfaat bagi perkembangan kepribadian remaja.

Program PIK KRR "Mitra Remaja" bertujuan untuk membantu remaja agar memiliki pengetahuan, kesadaran, sikap dan perilaku kehidupan remaja yang sehat dan bertanggung jawab melalui promosi, advokasi, KIE, konseling, pelayanan, dan dukungan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat positif.

Tujuan dibentuknya PIK KRR "Mitra Remaja" adalah untuk Meningkatkan pelayanan program kesehatan reproduksi remaja melalui pembinaan dan pengembangan pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja (PIK-KRR) dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja dan orang tua agar mendukung peningkatan kesehatan reproduksi remaja.

Target dari PIK KRR "Mitra Remaja" adalah :
* Pengelola Program Kesehatan Reproduksi Remaja
* Pelaksana/ relawan di Pusat Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja
* Penggalang (anak usia 10 – 15 tahun)
* Penegak (remaja usia 16 – 20 tahun)
* Pandega (pemuda/i usia 21 – 25 tahun)
* Pembina Pramuka, Andalan Kwartir (orang dewasa/orang tua)
* Keluarga dan kerabat
* Masyarakat umum lainnya yang membutuhkan
* Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, tenaga profesional (seperti Bidan, Dokter, Psikolog, dll)

1 komentar:

:-)